Sabtu, 18 Oktober 2014

Tumbuh Kembang Bayi Usia 6 Bulan

Tumbuh kembang bayi berusia 6 bulan memiliki beberapa kemampuan jauh lebih baik dari kemampuan-kemampuan sebelumnya. Ketika anak anda berusia 6 bulan, maka anak anda ini sudah mampu duduk sendiri tanpa bantuan sandaran, bayi juga bisa menoleh ke kanan dan ke kiri untuk mencari hal-hal yang menarik perhatiannya. Saat bunda mulai mengajaknya mengobrol, maka bayi anda ini akan mencoba menjawab dengan gumaman-gumaman yang tidak jelas yang sangat menggemaskan. Ketika bayi anda dalam posisi terlentang, bayi anda umumnya sangat susah sekali untuk diam. Biasanya bayi akan lebih senang berguling-guling mencari sesuatu daripada tidur dengan tenang, terlebih lagi jika ada mainan di kiri atau kanan anak anda.

Selanjutnya, proses yang dilalui oleh bayi sebelum mulai berjalan adalah merangkak terlebih dahulu. Pada usia ini, bayi sudah mulai untuk berlatih merangkak dengan mencoba menggeser tangan dan kakinya ketika tengkurap. Anda bisa juga membantu menstimulus bayi anda dengan menaruh mainan di hadapannya. Usahakan anak anda ini meraihnya dengan merangkak jangan mengesot atau atau merayap.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 6 Bulan

Lebih baik lagi jika anda mengajarkan anak anda merangkak dengan ikut merangkak bersama anak anda. hal seperti ini tentu akan lebih memotivasi anak anda untuk dapat merangkak. Pada tahap awal, bayi anda cukup berpindah tempat saja dari posisi tengkurapnya. Melatih keseimbangan otot-otot tangan ini tidak bisa dilakukan sekaligus, melainkan harus bertahap sesuai dengan kemampuannya. Usia normal bayi berlatih merangkak adalah 6-10 bulan. Jadi, anda tidak perlu tergesa-gesa.

Apa yang dilakukan oleh bayi di usia 6 bulan ini merupakan reaksi primitif terhadap benda yang di temuinya. Umumnya anak-anak pada usia 6 bulan ini akan lebih sering memasukkan benda-benda yang berhasil ia raih ke mulutnya. Hal ini disebabkan karena bayi menganggap bahwa kepuasan akan di dapatkan melalui mulut. Mungkin yang ia rasakan selama ini adalah rasa lapar dan haus yang akan segera hilang ketika mendapatkan asi dari ibunya. Jadi, si kecil mungkin akan berpikir bahwa sesuatu akan dapat dimakan dan menimbulkan kepuasan tersendiri. Tumbuh kembang bayi pada usia ini harus diawasi dengan benar, karena bayi yang lebih aktif ini cenderung tidak dapat ditinggal walaupun hanya sebentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar