Kamis, 16 Oktober 2014

Pentingnya Arti Daur Ulang Sampah

Daur ulang sampah sangatlah penting kontribusinya untuk menjaga lingkungan. Tidak banyak yang tahu bahwa pendauran ulang sampah dapat meminimalisir kemungkinan pemanasan global juga membantu usaha lingkungan menjadi lebih sehat, bersih dan hijau. Lalu bagaimana membuat masyarakat menyadari pentingnya usaha pendauran ulang sampah?

Pertama, dari hal yang paling kecil dan dari lingkungan sekitar dulu. Ajarkan pentingnya mendaur ulang sampah pada anggota keluarga terutama anak-anak agar tahu pentingnya menjaga lingkungan. Mulai membuang sampah pada tempatnya, setelah itu ada baiknya memiliki kotak sampah yang membedakan antara satu jenis sampah dengan sampah lainnya.

Pentingnya Arti Daur Ulang Sampah

Bisa juga mengajari pendauran ulang sampah dengan tidak memakai plastik. Ajarkan agar lebih baik membawa kantong sendiri atau bila barang yang diberi hanya satu atau dua saja, lebih baik membawa dengan tangan. Cara-cara tersebut termasuk pendauran ulang sampah dalam konteks yang lebih sederhana dan bisa kita ajarkan pada anggota keluarga kita.

Selain itu bisa juga melakukan daur ulang sampah dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Pakaian, laci, mangkuk plastik dan hal-hal lainnya bisa saja disulap menjadi hal baru asalkan kita kreatif dan bisa menjadikannya menarik. Selain bisa dimanfaatkan lagi, barang-barang yang sukses di-recycle tersebut bisa kita jual di pameran atau pasar seni sehingga membuat kita bisa memperoleh keuntungan. Bagaimana, begitu banyak acara agar tahu pentingnya arti dari pendauran ulang sampah kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar