Jumat, 17 Oktober 2014

Siapkan Hal Berikut Jika Anda Berlibur dengan Anak

Mengajak anak melakukan aktivitas di luar ruangan merupakan hal yang sebaiknya wajib dilakukan oleh orang tua sebagai bagian dari proses pertumbuhan anak. Selain melatih fungsi motorik anak, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kedekatan antara anak dan orangtua serta anak dapat mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan bebas. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama kebutuhan anak yang harus dibawa saat anda berwisata alam dengannya untuk menjaga keamaan dan kesehatan anak.

Bawalah baju dan sepatu cadangan. Hindari membawa pakaian anak dalam jumlah pas, sehingga apabila pakaian atau sepatu tersebut basah saat anak bermain air mereka dapat segera menggantinya dengan pakaian yang kering dan hangat dan anak akan terhindar dari kemungkinan terserang penyakit. Siapkan juga lotion anti serangga, karena di alam bebas banyak serangga yang dapat menggigit kulit anak. Jangan sampai akibat gangguan serangga aktivitas anak jadi terhambat.

Siapkan Hal Berikut Jika Anda Berlibur dengan Anak

Saat merencanakan liburan di alam bebas, tentu sebagian besar kegiatan akan dilakukan di bawah terik sinar matahari. Siapkan tabir surya yang aman untuk kulit anak-anak agar kulitnya tidak terbakar. Hal penting lainnya yaitu alat-alat P3K. Saat bermain, anak cenderung aktif dan tidak bisa diam namun itu baik dalam pertumbuhan anak. Kecenderungan anak untuk jatuh atau mengalami luka tentu meningkat. Maka bawalah peralatan P3K seperti plester atau obat luka untuk berjaga-jaga.

Tidak ada yang tahu perubahan alam yang terjadi saat anda sedang berlibur. Bisa jadi saat anda berangkat cuaca cerah, namun sesampainya di lokasi tiba-tiba turun hujan. Hal ini tentu saja menyebalkan. Sediakanlah paying atau jas hujan kecil untuk anak agar ia tetap terlindung dan kering. Jika anda memutuskan untuk menginap atau merencanakan untuk berkemah dengan anak, usahakan membawa benda-benda kesayangannya saat tidur. Seperti bantal, guling atau boneka agar dia tetap merasa familiar dengan lingkungan barunya dan merasa betah menjalani kegiatan di luar rumahnya.

Terakhir, bawalah jajanan dan minuman secukupnya. Jika anak sibuk mengeksplorasi alam dan dunia luar, ia akan merasa cepat lelah, haus dan lapar. Bawakan makanan dan minuman untuknya agar asupan makanannya tetap terjaga sehingga tumbuh kembang anak akan optimal karena aktif secara fisik dan asupan makanpun terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar