Kamis, 28 Agustus 2014

Arti Mie Ramen Bagi Masyarakat China

Informasi mengenai sejarah mie masih belum jelas, bahkan mie ramen sendiri. Ada banyak informasi mengenai siapa pembuat pertama kali mie. Ada yang berpendapat mie pertama kali dibuat di daerah Mediterania. Selain itu, ada pendapat lain yang muncul, mie berasal dari pengembangan teknologi mutakhir yang ada di Timur Tengah.

Namun, ada sebuah catatan sejarah yang menyatakan mie yang pertama dibuat oleh Dinasti Han. Hingga 2005, di China telah ditemukan mie dengan usia 4000 tahun. Penemuan tersebut sebagai bukti bahwa mie yang pertama ada di China. Selain China, Italia pernah disangka menjadi negara pertama pembuat mie. Pasalnya, orang-orang mengira mie berasal dari pasta.

Arti Mie Ramen Bagi Masyarakat China

China menganggap mi sebagai simbol kehidupan. Untuk itu mi seringkali ada dalam perayaan ulang tahun. Biasanya kita merayakan ulang tahun dengan roti tart ata tumpeng. Jika di China hal tersebut diganti dengan mi, entah mi ramen ataupun jenis mi lainnya. Selain itu, mie kerap kali ada dalam acara Tahun Baru China yang menunjukkan terimakasih kepada dewa karena diberikan umur panjang.

Jenis mie sendiri ada banyak di daerah Asia. Dalam setiap jenis mie terdapat kisah tersendiri. Sebut saja mie ramen yang pada dasarnya dibuat dari mie La Mian. Hal tersebujt dikarenakan mie La Mian adalah nama bahasa China dari mi ramen. Sedangkan, Korea yang bernama Chuka Men. Bentuk dari Chuka Men tipis dan terbuat dari gandum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar