Minggu, 28 September 2014

Perkembangan Anak Aktif di Masa Sekolah

Setelah lulus dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perkembangan anak terus berjalan hingga memasuki bangku Sekolah Dasar (SD). Perkembangan anak tersebut dapat berupa perkembangan fisik. Perkembangan fisik yang terjadi saat mulai memasuki usia sekolah dasar adalah adalah:

  • Perkembangan tinggi dan berat badan.
    Pada usia ini tumbuh kembang anak mulai melambat. Pertumbuhan berat berkisar antara 2,5 hingga 3,5 kg per tahun dan untuk pertumbuhan tinggi sekitar 5-7 centimeter per tahun.
  • Bentuk tubuh
    Bentuk tubuh pada anak usia awal SD masih belum seimbang. Biasanya ukuran kepala lebih besar dibandingkan dengan ukuran badan dan kaki.
  • Perkembangan otak.
    Pertumbuhan otak anak pada usia sekolah dasar lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan anggota tubuh yang lain. Kematangan otak harus dikombinasi dengan pengalaman berinteraksi dengan lingklungan dan kebutuhan nutrisi yang cukup.
Perkembangan Anak Aktif di Masa Sekolah

Selain beberapa hal diatas perkembangan anak pada usia ini juga mengalami perkembangan pada kemampuan motorik. Pada usia ini keseimbangan anak-anak sudah mulai stabil sehingga mereka sering beraktifitas dan bermain dengan teman sebayanya. Banyaknya jajajan berwarna yang ada di lingkungan sekolah SD membuat anak-anak ini membeli berbagai makanan yang ada.

Tidak sedikit dari makanan yang dikonsumsi meninggalkan kotoran pada seragam sekolah mereka. Bagi ibu bijak, hal ini tidak menjadi masalah bagi mereka. Cukup dengan menggunakan Rinso Cair Anti Noda, kotoran makanan yang menempel pada seragam sekolah anak akan mudah dihilangkan dengan sekali kucek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar