Jumat, 19 September 2014

Cara Ampuh Menjaga Kebersihan Lingkungan

Seperti yang kita tahu, menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban setiap orang. Kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi seluruh masyarakat harus sadar akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan sekitar.

Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan hidup bersih yang sehat sehingga jauh dari bahaya penyakit yang bisa timbul akibat kesadaran masyarakat yang kurang peduli dan tidak bertanggung jawab atas kewajibannya untuk menjaga kebersihan.
Cara Ampuh Menjaga Kebersihan Lingkungan

Cara yang paling ampuh untuk menjaga dan merawat kebersihan lingkungan adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur jadwal kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal setidaknya sebulan sekali bersama seluruh warga.
  2. Saling mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  3. Mengajari anak-anak untuk mulai peduli terhadap kebersihan dan memberikan contoh yang baik.
  4. Membuat iuran kebersihan lingkungan untuk memenuhi sarana kebersihan seperti tempat sampah dan alat kebersihan lainnya.
  5. Melakukan evaluasi secara rutin untuk mengembangkan lingkungan yang lebih sehat dan bersih.

Beberapa cara tersebut tentu harus didasari dengan kerja sama yang baik antara pemimpin desa atau ketua RT dengan para warga yang tinggal di sekitar lingkungan anda. Partisipasi seluruh masyarakat sangat membantu dan dibutuhkan agar setiap langkah yang ditempuh mampu berjalan lancar dan efektif untuk menciptakan lingkungan yang terjaga kebersihannya. Itulah cara ampuh menjaga kebersihan lingkungan yang bisa anda lakukan di lingkungan tempat tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar